Kamis, 30 Oktober 2014

Panduan mencari rumah kost wanita buat mahasiswa


kost mahasiswa wanita
Lagi bete nih nyari kost-kostan tapi gak ada yang cocok dan gak pas dihati? Sebenarnya gak usah bingung dan gak perlu galau deh. Ada banyak kok rumah kost-kostan diluar sana yang siap menerima kehadiran kamu sebagai penghuni barunya. Masalahnya adalah sudahkah kamu menyiapkan banyak hal sebagai bekal kamu dalam melakukan proses pencariannya. Karena dalam mencari rumah kost itu perlu adanya banyak pertimbangan yang harus dipersiapkan agar kamu nggak nyesel dikemudian hari. Mau tau caranya agar kamu bisa dapetin kost-kostan yang kamu sukai? Mau tau aja atau mau tahu banget? :) hehehe... anggap aja kamu mau tau banget ya, karena admin mahasiswa wanita udah nyiapain beberapa panduan mencari rumah kost mahasiswa buat mahasiswa. Simak ya.


Planning

Kamu sekarang kan udah mahasiswa nih. Jadi mulailah belajar untuk melakukan perencanaan sebelum melakukan segala hal. Mulai dari hal-hal kecil aja deh seperti contohnya dalam mencari kost-kostan ini. Karena sebuah perencanaan pasti akan mempermudah dan meringankan kerja kamu. Percaya deh. Kamu akan sangat terbantu sekali karena gak akan buang-buang waktu dan lebih terarah dalam melakukan proses pencarian rumah kost yang kamu idamkan.

Budgeting

Dalam planning ini, pertama-tama tentukanlah terlebih dahulu budgeting atau seberapa besar dana yang mampu disiapkan oleh orangtua kamu untuk membayar sewa rumah kostmu. Dengan begitu kamu bisa mempersingkat waktu dalam proses pencarian. Sebagai contoh, jika budget kamu minim atau mau berhemat, ya gak usah kamu survey ke sebuah rumah kost yang mentereng, tersedia parkir mobil yang luas dan ada kamar mandi di dalam masing-masing kamar, apalagi ditambah dengan AC, karena sudah bisa dipastikan harga sewa di rumah kost seperti itu pasti mahal. Namun sebaliknya, jika budget kamu besar dan mampu untuk membayar sewa rumah kost seperti itu, ya kamu boleh saja melakukan survey ke rumah tersebut.

Positioning

Planning kedua adalah, tentukanlah terlebih dahulu lokasi dari kost-kostan yang akan kamu cari. Jika kamu ada kendaraan yang siap untuk mengantar kamu pulang pergi ke kampus, atau kamu punya cowok yang siap antar jemput kamu dari kampus ke kostan, tidak ada salahnya kamu mempertimbangkan rumah-rumah kost yang agak jauh dari kampus. Namun jika kamu tidak punya keduanya (dalam hal ini adalah kendaraan dan cowok yang siap antar jemput), maka sebaiknya kamu lebih mempertimbangkan kost-kostan yang deket dengan kampus. Sehingga kamu mungkin cukup dengan jalan kaki ke kampusnya. Namun sebagai informasi, biasanya rumah kost yang dekat dengan kampus akan memasang tarif lebih mahal ketimbang rumah kost yang lokasinya jauh dari kampus.

Siapkan Catatan

Untuk apa nyiapin catatan? Eits... jangan sepelekan catatan lho. Dengan catatan ini kamu bisa dengan lebih mudah nantinya dalam mengambil keputusan mau memilih rumah kost yang akan kamu tempatin. Dalam catatan tersebut, siapkan beberapa kriteria yang akan menjadi penilaianmu terhadap rumah kost-kostan yang kamu survey. Dari penilaian terhadap beberapa kriteria tersebut, kamu akan lebih mudah menentukan rumah kost yang mana yang layak untuk kamu jadikan tempat tinggal selama kamu kuliah.

Catatan Daftar kostan


Beberapa kriteria yang wajib ada diantaranya adalah:

1.    Lingkungan

Kamu harus lihat bagaimana lingkungan disekitar rumah tersebut. Lampu penerangan jalan sudah cukup memadai atau belum. Dekat dekat dengan pos satpam komplek atau tidak. Banyak kost-kostan cowok yang suka nongkrong-nongkrong di jalanan depan rumah atau tidak. Semuanya mesti kamu perhatikan.
 
2.    Kondisi Rumah

Memperhatikan kondisi rumah juga sangat penting untuk dilakukan. Jangan sampai kamu sudah memutuskan tinggal disitu, ternyata rumahnya pada bocor pas musim hujan. Atau seberapa baiknya perawatan yang dilakukan sang pemilik rumah terhadap rumah kost miliknya. Ingat, kamu bakal lama tinggal disitu, jangan sampai kamu tersiksa karena ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh kondisi rumah yang kurang baik. Akan lebih baik jika kamu memilih tempat kost yang tata letak atau lay out nya sangat nyaman. Seperti misalnya sirkulasi udara, ada tamannya, atau tidak kena panas sinar matahari langsung. Hal ini secara tidak langsung akan membuatmu nyaman untuk tinggal didalamnya.
 
3.    Suasana Rumah

Selama kamu survey ke dalam rumah kost, jangan lupa perhatikan orang-orang yang ada di rumah tersebut. Very welcome, friendly, ramah, atau pada jutek tuh. Kalau ternyata pada jutek ya mungkin lebih baik pertimbangkan lagi deh untuk memilih tinggal disitu, dari kamu sakit hati dan tertekan mending cari yang lain deh :). Namun jika kamu ngebet banget sama rumah kost tersebut, mungkin kamu bisa coba tips agar betah dan tidak pindah rumah kost yang ada di website ini.
 
4.    Pemilik Rumah

Nah yang satu ini juga jangan luput dari penilaianmu. Bagaimanakah personality dari sang pemilik rumah tersebut. Mata duitan, cuek dan gak peduli dengan kenyamanan anak-anak kost nya, atau sangat baik dan peduli. Hal ini bisa kamu cari tau dengan mencoba mengajaknnya ngobrol. Sesekali pancing dengan pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya lebih mengedapankan kenyamanan anak kost. Dari sana kamu bisa membaca bagaimana sebenarnya orang tersebut.
 
5.    Daya Listrik

Jangan lupa juga untuk menanyakan daya listrik yang ada di rumah tersebut. Ini juga hal yang sangat vital. Jangan sampai kamu ngelus dada jika suatu saat kamu ngerjain tugas di laptopmu, tiba-tiba listrik padam karena daya tidak cukup mampu untuk menanggung beban pemakain dari seluruh isi rumah. Ada beberapa rumah kost yang menerapkan pemakaian daya listrik per kamar dengan memasang meteran listrik di tiap-tiap kamar. Kalau kamu nemuin yang seperti ini, itu sangat baik sekali karena daya listrik yang terpakai adalah sesuai dengan pemakain dikamarmu sendiri.
 
6.    Kamar Mandi.

Jangan sampai kamu berangkat kuliah dengan kondisi tidak mandi karena kamu tidak punya cukup waktu untuk ngantri. Amit-amit deh... masak berangkat kuliah bau karna gak mandi. Kamu perlu hitung berapa jumlah seluruh penghuni di rumah tersebut dan berapa jumlah kamar mandi yang tersedia. Kalkulasikan dengan jumlah penghuni dan perkiraan lama waktu untuk mandi. Dari sana kamu bisa menyimpulkan cukup atau tidaknya kapasitas kamar mandi yang ada di rumah kost tersebut.
 
7.    Sinyal

Nah ini juga gak kalah penting. Iya dong! Masak pas lagi asik-asiknya telponan ama cowok kamu eh tiba-tiba sinyal ilang, kan gak asik tuh. Atau kalau kamu lagi ngerjain tugas yang perlu koneksi internet, trus tiba-tiba sinyal ilang, gak bete tuh nungguin lemotnya loading internetnya. Apalagi kalau kamu pecinta sosmed twitter atau facebook. Jadi gak bisa update status, jadi gak eksis nih. So perhatikan juga sinyal. Kamu bia cek dengan melihat indikator sinyal di hp kamu saat kamu berada di rumah tersebut.
 
8.    Angkutan Umum

Ini berlaku bagi kamu yang memilih untuk mencari kost agak jauh dari kampus dan tidak ada dukungan kendaraan atau cowok yang siaga alias siap antar jaga-jaga untuk ngejemput kamu hehehe... Perhatikan bagaimana ketersediaan angkutan umumnya. Ada atau tidak. Kalaupun ada pelajari bagaimana rutenya. Banyak transit dan ganti angkot atau sekali naik aja. Hal ini akan ada kaitannya dengan waktu tempuh kamu dari kost ke kampus. Jangan sampai kamu telat ngampus karena rute angkot yang ribet banget.
 
9.    Harga

Inilah yang terpenting. Pertimbangkan lah harga yang dipatok oleh si pemilik rumah kost, dengan segala kriteria yang sudah dijelaskan diatas. Sesuaikah atau kemahalan. Kalau kemurahan sih mending. Tanyakan juga sistem pembayarannya. Bisa bulanan atau harus bayar langsung setahun. Kebanyakan pemilik kost jaman sekarang inginnya dibayar langsung setahun, ya itu adalah cara mereka untuk menjaga agar penghasilan mereka tetap dengan mengunci kamu selama 1 tahun disitu. Kalau memang sreg dan suka banget dengan rumah kost tersebut, ya okelah kamu bayar setahun langsung. Tapi kalau kamu masih ragu dan mau coba dulu sebulan sambil lihat suasana, alangkap lebih baik jika kamu mencari yang sistem pembayarannya bulanan.
 
10.  Minimarket

Ini sih penting gak penting. Tapi penting juga. Eh bingung ya. Jadi begini maksudnya, biasanya nih cewek kan seneng banget ngemil tuh. Eh pas giliran kamu ngerjain tugas dan gak ada cemilan, bisa-bis gak kelar tuh tugasnya. Atau kalau tiba-tiba personal care kamu seperti misal sabun dan sampo abis, biar gak jauh-jauh belinya.
 
11.  Fasilitas tambahan.

Yang satu ini juga patut jadi pertimbangan tambahan. Ada beberapa pengelola rumah kost yang memberikan service tambahan seperti misal gratis internet dengan memasang WIFI, atau gratis cuci cuci atau gratis setrika atau yang lain lain. Lumayan kan bisa hemat waktu, hemat biaya dan hemat tenaga.

Nah itu tadi adalah panduan mencari rumah kost wanita buat mahasiswa dengan kriteria-kriteria yang harus kamu perhatikan. Catat penilaianmu pada masing-masing kriteria untuk setiap rumah kost yang kamu kunjungi. Kamu pertimbangkan baik-baik. Niscaya kamu akan mendapatkan rumah kost yang menyenangkan dan nyaman untuk kamu jadikan tempat tinggal selama kamu kuliah. Selamat mencoba girls :)        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar