Kamis, 20 November 2014

Tips agar betah dan tidak pindah rumah kost



Hai girls, ketemu lagi dengan artikel terbaru kami yaitu Tips agar betah dan tidak pindah rumah kost. Capek dong kalau harus pindah-pindah rumah kost. Maunya sih selama kuliah ya di satu rumah aja tanpa harus pindah-pindah dan angkat-angkat barang. Sayang dong kalau waktu dibuang-buang hanya untuk pindah dan beberes kamar kost yang baru, mending buat belajar aja ya.. ceileh belajar... iya dong kan maunya lulus tepat waktu dan gak molor. Yuk simak tips yang udah disiapin oleh admin website ini, agar kamu tetep betah dan nyaman di rumah kost kamu yang sekarang.

 
Sebenarnya, hal yang paling utama untuk menghindari ketidak nyamanan di sebuah rumah kost adalah terletak pada langkah awal saat kamu mencari rumah kost yang bakal kamu tinggali. Dengan pemilihan rumah kost yang tepat, maka hal ini setidaknya akan meminimalisir kemungkinan-kemungkinan ketidak cocokan yang bakal terjadi, yang otomatis akan membuatmu tidak nyaman dan pingin untuk pindah kost. Bagaimana caranya untuk memilih rumah kost yang baik, bisa kamu baca di artikel panduan mencari rumah kost untuk mahasiswa wanita.

Namun jika kamu sudah terlanjur memilih rumah kost tanpa mengikuti langkah-langkah seperti yang sudah kami tulis di artikel “panduan mencari rumah kost untuk mahasiswa wanita”, maka cobalah ikuti hal-hal dibawah ini agar ketidaknyamananmu bisa teratasi dan membuatmu mengurungkan niat untuk pindah.

1.    Tingkatkan kemampuan bersosialisasi.
Ini penting dan harus digaris bawahi. Kenapa? Karena jika kamu memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik, mengasahnya terus dan meningkatkan kemampunmu tersebut, maka bukan hanya dirumah kost saja kamu akan berasa nyaman, namun dimanapun kamu berada, di lingkungan seperti apapun kamu pasti akan merasa nyaman. Karena human relation itu adalah seni. Sampai-sampai ada sebuah buku yang judulnya “seni berhubungan dengan manusia”. Ini tidak lepas dari karakter manusia yang berbeda-beda. Sehingga dalam berhubungan dengan merekapun harus melalui perlakuan yang berbeda-beda dan tidak bisa disama ratakan satu sama lain. Ada tipe manusia yang perasa, introvert dan kurang bisa bergaul. Tidak bisa kita menghadapi manusia seperti ini dengan cara-cara apa adanya dan berbicara blak-blakan apa adanya. Yang ada mungkin orang tersebut akan tersinggung dan menjauhi kita. Prinsip seperti ini mungkin bakal ada yang menyanggah dengan pernyataan seperti ini: “aku ya aku. Aku ya seperti ini, cuek dan ngomong blak-blakan apa adanya. Kalau gak suka... ya urusan loe”. Inilah hal yang membuat kita dijauhi dan akhirnya kita tidak punya temen. Kalau udah begitu, akhirnya kita kerjanya mengurung diri terus dikamar. Mau ngapa-ngapain ya dikamar, dan apa yang terjadi kemudian adalah bosan dan ketidaknyamanan itu akan muncul dalam dirimu. Bagaimanapun juga kita harus menghargai orang lain. So... belajarlah bersosialisasi dengan baik.

2.    Bina hubungan baik dengan teman satu rumah kost
Poin ini sebenarnya adalah pengembangan dari poin satu. Jika kamu sudah melatih diri bagaimana caranya berhubungan antar manusia dengan baik, maka kamu bisa mempraktekkannya kepada teman-teman kamu satu rumah kost. Kamu bisa memulai dengan mencoba menjadi pendengar yang baik. Walaupun kamu tidak suka cobalah dengarkan dan jangan mencela. Setidaknya kamu sudah mempunyai nilai positif dimata temanmu jika kamu coba melakukan hal ini. Cobalah rendah hati dalam segala hal, gak perlu menyombongkan diri atas apa yang kita punyai. Dengan begitu, kamu akan banyak disukai oleh teman-temanmu. Kalau udah banyak teman, pasti akan menyenangkan buatmu, dan yang pasti kamu gak akan bosan dan gak nyaman lagi di rumah kostmu.

3.    Bina hubungan baik dengan pemilik atau penjaga rumah kost.
Poin ini juga gak kalah pentingnya girls. Harus kita ingat bahwa kita tidak sedang tinggal dirumah sendiri. Walaupun kita bayar, namun tetep aja itu bukan rumah kita. So.. bersikaplah yang baik terhadap pemilik atau penjaga rumah kostmu. Beri perhatian lebih terhadap mereka agar mereka juga memperhatikan kamu. Sempatkan untuk membawakan buah tangan untuk mereka manakala kamu abis pulang kampung setelah liburan. Perhatianmu ini akan memberikan timbal balik dengan perhatian yang mereka berikan juga kepadamu. Dengan demikian, kamu akan lebih merasa nyaman untuk tinggal di rumah mereka.

4.    Persiapkan segala kebutuhan pribadimu
Poin ini berlaku bagi kamu yang rumah kostnya agak jauh dari minimarket. Persiapkan dengan baik segala kebutuhan bulanan kamu. Jangan sampai kamu kehabisan shampo di tengah bulan, sementara untuk membelinya kamu harus ke minimarket yang letaknya jauh dari rumah kostmu. Atau kalau kamu suka nyemil, eh ternyata malaem-malem pas bikin tugas, cemilanmu abis. Kan bete abis tuh. Hal sepele ini kadang justru akan membuatmu gak nyaman, dan kadang bisa berakibat kamu ingin hengkang dari rumah tersebut.

5.    Buat nyaman kamarmu
Yang terakhir adalah buatlah kamarmu senyaman mungkin. Atur tata letak kamarmu dan dekorasilah sedemikian rupa, sehingga kamu akan merasa betah untuk berlama-lama didalamnya. Dengan demikian kamu akan terhindar dari segala kebosanan dan gak akan pingin pindah dari tempat kostmu sekarang. Kalau kamu masih bingung gimana memulai untuk mendekorasi ulang kamarmu, coba baca artikel tips mengubah posisi layout kamar kost yang sudah kami posting beberapa waktu yang lalu.

Nah.. itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba agar kamu terhindar dari kebosanan dan ketidaknyaman di rumah kostmu. Jamin deh kamu gak akan punya niat untuk pindah kost. Ngapain coba pindah, temen banyak... pada baik-baik lagi. Udah gitu ibu kostnya juga sayang ama kamu.. Jadi, ngapain pindah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar