Kamis, 13 November 2014

Tips mengubah posisi layout kamar kost



Hai girls, ketemu lagi nih di artikel terbaru kami. Kali ini kami akan mengulas tips mengubah posisi layout kamar kost. Kenapa harus diubah, bikin capek aja kayak gak ada kerjaan aja! Eits... tunggu dulu. Capek sih memang, tapi hasilnya itu lho.. bakal bikin kamu semua pada demen. Kenapa? Karena dengan mengubah posisi layout kamar kost kamu, akan membuat kamu tidak bosan dan semakin betah untuk tinggal didalamnya. Kan asik tuh kalau view kamar berubah-ubah. Disamping untuk membuat perubahan pada estetika ruangan, merubah posisi layout kamar kost akan membuat kamar kamu menjadi semakin bersih. Iya dong... selama ini kalau bebersih kamar paling Cuma nyapu atau ngelap bagian-bagian yang mudah dijangkau aja kan. Gimana dengan posisi dibalik lemari, atau kolong tempat tidur? Jamin deh jarang disentuh. Kalau udah gitu debu bakalan numpuk dan bisa bikin sakit lho. Gimana.. berminat untuk mencoba? Yuk lanjut terus baca artikelnya ya.

Oya, untuk lebih memaksimalkan hasil dari tips ini, setidaknya kamu sudah membaca tips kami yang lain yaitu panduan mencari rumah kost wanita buat mahasiswa. Karena setidaknya itu adalah filter awal agar kamu benar-benar mendapatkan rumah kost yang pas dihati kamu. 

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mengenal lebih dalam bagaimana kondisi kamar kost kamu. Yang dimaksud disini adalah berapa luas kamarnya, lebar atau sempit, apa aja isi kamar kost kamu, lalu jendela menghadap dimana, jika kamarmu ada fasilitas kamar mandi dalamnya, perhatikan juga dimana posisi pintu kamar mandinya, bahkan sampai dimana posisi colokan listrik harus kamu perhatikan. Kenapa ini langkah awal yang harus dilakukan, karena dengan mengenal kondisi kamarmu sendiri, kamu akan dengan mudah mengatur layoutnya nanti. Seperti biasa, kami selalu menekankan untuk tidak lupa membuat perencanaan dalam melakukan segala sesuatu, tidak terkecuali dengan proyek yang satu ini. Siapkan beberapa lembar kertas untuk mencatat dan menggambar layout kamar kamu sekarang. Gambar ini nanti akan berguna saat kamu mulai melakukan penataan ulang kamar kostmu.


Selanjutnya langkah kedua adalah coba cari inspirasi yang dapat membantu kamu untuk melakukan proyek pengubahan layout kamar kost kamu. Kamu bisa main-main ke kamar kost temen-temenmu. Perhatikan bagaimana mereka melakukan penataan ruangannya. Cara lain lagi untuk mendapatkan inspirasi adalah dengan bermain-main dengan opa google. Coba ketikkan kata kunci yang berhubungan dengan penataan ruangan, atau kamu bisa juga kunjungi website-website yang ada hubungannya dengan arsitektur dan home decoration. Kamu pasti menemukan banyak hal yang bisa kamu contoh dari sana. Gak harus persis sih, tapi setidaknya ada poin-poin yang bisa kamu terapkan untuk mengubah posisi layout kamarmu. Dari langkah ini, kamu pasti sudah dapat tuh inspirasi. Setelah itu aplikasikan idemu dengan menggambarkan pada sebuah lembar kertas yang udah kamu siapin tadi. Corat coret, atur-atur, geser-geser, bolak-balik seluruh perabot yang mengisi kamarmu. Jika kamu sudah merasa pas dengan sebuah layout yang kamu buat, baru action. Dari pada kamu langsung action atur-atur, geser-geser dan bolak-balik perabot, pasti capek dong. Jadi mending kamu gambar aja dulu biar hemat tenaga hehe...


Nah selama kamu mencoba untuk menciptakan layout dengan menggambar pada secarik kertas, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal agar posisi layout yang kamu ciptakan dapat memenuhi seluruh fungsi dan estetika ruangan. Ini ada hubungannya dengan langkah pertama yaitu mencatat keadaan kamarmu sekarang. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan adalah:

1.    Hindari meletakkan tempat tidur didekat pintu kamar mandi. Sebisa mungkin sisakan ruang disekitar pintu kamar mandi. Bagaimanapun juga, dinding yang ada pintu kamar mandinya merupakan pemisah antara ruanganmu dengan ruangan kamar mandi. Jika kamu meletakkan tempat tidur didinding tersebut, akan berakibat buruk karena efek lembab yang kamu terima setiap hari akan menyebabkan gangguan kesehatanmu. 

2.    Hindari meletakkan tempat tidur dibawah jendela. Kenapa? Karena debu dari luar kamarmu akan dengan mudah menumpuk di kasurmu saat dibawa oleh angin. Yang kedua, jika jendelamu menghadap ke arah timur, maka kamu tidak akan mendapatkan cahaya pagi yang cukup karena tempat tidurmu mepet dengan tembok dan dibawah jendela. Sehingga sinar matahari pagi yang katanya sehat tuh terhalang oleh tembok.

3.    Maksimalkan ruangan dengan sebaik-baiknya. Artinya jangan terlalu banyak menumpuk barang didalam kamarmu. Hal ini justru akan membuat kamarmu mejadi terlihat semakin sempit. Jika memungkinkan, buatlah storage atau ruang penyimpanan yang tersembunyi seperti misal dibawah tempat tidur (ini jika tempat tidurmu ada kakinya). Jadi mulai sekarang, buang deh barang-barang yang gak penting termasuk foto mantanmu daripada menuh-menuhin tempat aja. Katanya mau move on hihihi...

4.    Tempatkan meja belajarmu dekat dengan colokan listrik. Daripada kamu harus beli kabel panjang hanya untuk nyolok charger laptopmu. Sayang kan duitnya, mending buat beli coklat untuk nyemil pas kamu ngerjain tugas. Lagi pula, penataan kabel panjang yang tidak baik, akan mempengaruhi estetika ruangan bahkan akan mengotori ruang pandang.

5.    Berikan sentuhan ornamen dengan memasang kelambu, karpet dan sprey sesuai dengan gayamu. Sebagai mahasiswa wanita, kami yakin kamu pasti taste sendiri untuk memberikan sentuhan ornamen yang indah pada kamarmu.

6.    Manfaatkan ruang kosong di dinding untuk menambah etetika ruangannya dan tidak membuat kamarmu seperti ruang kamar rumah sakit yang plain alias kosong serba putih. Kamu bisa memasang foto atau apa aja yang sesuai dengan gayamu.

7.    Terakhir siapkan sapu dan pel ya, karena kamu pasti akan menemukan debu yang menumpuk saat kamu melakukan perubahan ruangan hehehe...

Itulah beberapa tips untuk merubah posisi layout kamar kost kamu. Lakukan hal ini setidaknya sebulan sekali, ya itung-itung kamu bebersih kamar agak tidak debuan. Selamat mencoba girls

Tidak ada komentar:

Posting Komentar